Cara Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Bulat

  • Whatsapp
Cara Mengerjakan Soal Cerita Bilangan Bulat

Tidak sedikit pelajar SD yang mengaku bahwa cara mengerjakan soal cerita bilangan bulat itu sulit. Padahal, soal ini sebenarnya mudah dikerjakan dan tanpa bergantung kunci jawaban. Namun, tidak dipungkiri bahwa dibutuhkan tips dan contoh pengerjaan soal agar bisa menyelesaikan pertanyaan dengan akurat.

Tips yang Baik Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Bulat

Agar menguasai cara mengerjakan soal cerita bilangan bulat, siswa pun setidaknya harus memiliki beberapa tips ampuh. Tips tersebut bisa digunakan sebagai formula analisis untuk mengerjakan soal cerita matematika. Tips atau langkah cara tersebut adalah:

1. Pelajari Materi

Mempelajari materi merupakan sebuah keharusan agar siswa bisa menguasai soal ujian. Materi bilangan bulat pasti diajarkan di kelas sebelum diputuskan untuk diujikan kepada siswa. Untuk itu, selama materi pembelajaran berlangsung, usahakan perhatikan semua penjelasan guru untuk membantu mengurangi rasa bingung terhadap soal ujian nantinya.

2. Pahami Kata Kata Dalam Soal

Tips selanjutnya agar bisa memecahkan atau menyelesaikan soal adalah memahami kata kata soal. Terdengar sepele, namun banyak siswa yang mengacuhkannya.

Padahal, apabila siswa meneliti kata kata soal, maka akan ditemukan dengan jelas jawaban seperti apa yang diinginkan oleh soal tersebut. Apakah tentang perkalian, penjumlahan, dan lainnya.

3. Ubah Bentuk Cerita ke Dalam Angka

Ini merupakan tips selanjutnya yang tidak kalah penting. Apabila siswa masih kebingungan dengan bentuk soal cerita namun sudah bisa mengidentifikasi keinginan soal, maka siswa bisa mencoba cara ini. Ubahlah bentuk soal cerita menjadi lebih ringkas ke dalam angka matematika. Dengan begitu, jawaban akan lebih cepat ditemukan.

4. Perbanyak Latihan Soal

Sedangkan ini merupakan tips terakhir yang tetap harus dipenuhi. Meskipun sudah bisa menjawab soal soal cerita bilangan bulat tersebut, tetaplah latihan soal. Semakin sering latihan dilakukan, maka akan semakin erat memori bersarang di dalam otak. Jadi, pada kesempatan selanjutnya soal cerita akan lebih mudah dikerjakan.

Contoh Soal Cerita Bilangan Bulat

Agar semakin memahami tentang soal cerita bilangan bulat dan contoh jawabannya, di bawah ini akan segera diberikan beberapa jenis soalnya. Silakan perhatikan baik baik dan pahami secara pasti:

  • Kei baru saja pulang dari kampung halaman pamannya. Ketika kembali, Kei membawa 23 buah mangga yang akan dijual ke pasar. Tidak lama kemudian, paman kembali memberi Kei 35 mangga lagi. Berapakah jumlah mangga yang dimiliki Kei sekarang?
  • Mama Tan hari ini berniat berbagi sarapan pagi. Beliau memasak 100 porsi sarapan dan sudah dibagikan 45 kotak kepada penerima masing masing 1 porsi. Berapa sisa sarapan kotak yang belum dibagikan?
  • Kak Shiro akan mengajar anak anak melipat origami. Ia memiliki 36 origami yang akan dibagikan kepada 12 anak. Berapa jumlah origami yang didapat masing-masing anak?
  • Apabila 1 kilo apel berisi 3 buah, maka berapakah banyak buah apel dalam hitungan 6 kilo?

Jawaban masing masing pertanyaan tersebut bisa dijabarkan dalam angka, kemudian dijawab. Berikut ini contoh penyelesaiannya:

  • 23 mangga + 35 mangga = 58 mangga.
  • 100 porsi – 45 porsi = 55 porsi.
  • 36 origami : 12 anak = 3 origami yang didapatkan masing masing anak.
  • 1 kg = 3 buah maka 6×3 = 18 buah apel yang akan didapatkan dalam hitungan 6 kilo.

Sudah cukup jelas bukan penjelasan cara mengerjakan soal cerita bilangan bulat di atas? Pada intinya, hitungan yang teliti akan menjadi kunci jawaban yang tepat atas soal soal cerita tersebut. Ingatlah untuk membaca dengan teliti, kemudian pecahkan ke dalam narasi angka untuk bisa mendapatkan jawaban yang benar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *